Senin, 01 November 2010

tanda baca dalam bahasa indonesia

Sekilas tentang tanda-tanda baca dalam bahasa indonesia

Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia dan merupakan bahasa resmi republik Indonesia. Bahasa Indonesia merupakan salah satu bahasa dari sekian banyak bahasa di dunia.
Di dalam pelajaran bahasa Indonesia ada beberapa tanda-tanda baca yang kita ketahui yaitu ;
1.Tanda titik (.)

Tanda titik sudah sering kali kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaan ,tanda titik juga sudah tidak asing lagi bagi kita.
Seperti yang kita ketahui tanda titik dapat kita pakai untuk menandai berakhirnya suatu kalimat, selain itu dapat juga kita gunakan sesudah nomor bab atau subab dan lain sebagainya.
Judul bab atau judul bagian subbab perlu menggunakan titik apabila judul tersebut langsung diikuti uraian yang dimulai dengan baris yang sama dengan judul subbab atau judul bagian subbab tersebut.

Contoh :

* ayah dan ibunya sudah lama berpisah.
* dan sebagainya.

2.Tanda koma (,)

Tanda koma dapat kita gunakan untuk menandai adanya jeda atau kesenyapan antara dalam suatu kalimat. Tanda koma sering kita gunakan setelah seruan, tanda koma juga digunakan dalam kalimat majemuk yang anak kalimatnya mendahului induk kalimatnya atau bisa juga digunakan untuk mmisahkan dua kalimat yang setara yang dihubungkan dengan kata tetapi atau melainkan dan lain sebagainya.

Contoh :

* meskipun hujan, nia tetap pergi ke kampus.
* karena sakit, dia tidak memasak sarapan untuk anak dan suaminya.

3.Titik koma (;)

Tanda titik koma juga sering kita gunakan dalam penulisan sehari-hari yang digunakan untuk memisahkan bagian kalimat yang sejenis dan setara, dapat juga digunakan untuk membatasi bagian-bagian kalimat yang sudah mengandung koma dan lain sebagainya.

Contoh :

* semua kami sama; tidak ada kami yang dianak emaskan oleh orang tua kami.
* mengingat bahwa 1………;
2………; dst

4.Titik dua (:)

Titik dua biasanya digunakan atau dipakai diakhir suatu pernyataan yang lengkap dan diikuti oleh rangkaian atau perincian, dapat juga digunakan pada kata-kata misalnya, contohnya, dan sebagai berikut yang diikuti perincian dan lain sebagainya.

Contoh :

* aloda memiliki dua buku : buku tulis dan buku paket
* berikut adalah sekilas tentang biodata saya, antara lain :

5.Tanda petik (“ “)

Tanda petik dapat juga kita gunakan untuk menandai kata-kata yang tidak digunakan dalam arti yang sebenarnya dan lain sebagainya.

Contoh :
* itu dia “pahlawan” kita datang

6.Tanda hubung (-)

Tanda hubung biasanya digunakan untuk menghubungkan kata-kata yang biasanya kata-kata tersebut berulang-ulang atau diulang, dapat juga digunakan apabila huruf-huruf dirangkaikan dengan bilangan dan lain sebagainya.

Contoh :

* sayur-sayuran
* abad ke-2

7.Tanda Tanya (?)

Sudah rahasia umum bagi kita apa kegunaan tanda Tanya yaitu dipakai pada akhir kalimat Tanya.

Contoh ;

* dimana kamu tinggal ?
* apa hobby mu ?

8.Tanda seru (!)

Tanda seru gunakan atau dipakai setelah ungkapan atau pernyataan yang berupa seruan atau perintah yang menggambarkan kesungguhan, ketidak percayaan,ataupun rasa emosi yang kuat.

Contoh :

* bersihkanlah ruangan itu sekarang juga !
* bangunkan dia sekarang juga !

0 komentar:

Poskan Komentar