Kamis, 03 Juni 2010

4 manfaat menangis bagi kesehatan

Ada beberapa manfaat menangis bagi kesehatan ;
Menangis sering kita anggap sebagai gambaran kelemahan saat menghadapi suatu masalah. Padahal sebenarnya menangis juga memiliki manfaat positif yaitu baik bagi kesehatan fisik, spiritual maupun psikologis.
Jika emosi kita sedang tidak stabil, rasa sedih dan ingin menangis biasanya muncul. Saat hal tersebut terjadi, ada baiknya kita jangan menahan tangis kita, karena menangis merupakan luapan emosi yang sangat wajar dan sehat. Selain sarana untuk meluapkan emosi, menangis memiliki manfaat lain.
Adapun manfaat lain menangis yaitu :
* Membersihkan mata

Fungsi utama air mata adalah membuat indera penglihatan kita menjadi lebih jelas. Tidak hanya membasahai bola mata dan kelopak mata, tetapi juga mencegah dehidrasi membran yang ada disekitar mata. Saat mengeluarkan air mata, mata kita sebenarnya sedang dalam proses pembersihan. Hal itu membuat kotoran yang menempel pada mata ikut keluar melalui air mata dan mata pun menjadi lebih bersih.

* Membunuh bakteri

selain itu air mata kita juga dapat membunuh bakteri dalam mata kita karena Air mata mengandung lysozyme, yaitu cairan yang bisa membunuh 90 - 95 persen bakteri dalam waktu 5 hingga 10 menit. Jadi, saat kita mengeluarkan air mata, secara otomatis bisa membunuh bakteri berbahaya yang bisa memicu iritasi pada mata kita.

* Menstabilkan mood

Apakah anda tahu kadar zat mangan dalam tubuh? Tingginya kadar mangan dalam tubuh bisa memicu mood yang tidak satabil, kekhawatiran berlebihan, dan perasaan yang sensitif. Nah, dengan menangis kadar mangan dalam tubuh kita bisa diturunkan dan membuatnya dalam keadaan normal. Selain itu, air mata yang keluar saat kita dalam keadaan emosi, mengandung 24% protein albumin yang berfungsi membawa molekul racun keluar dari tubuh.

* Menurunkan stres

Menangis bisa membuat tingkat stres yang kita alami menurun. Hal itu karena saat menangis, zat kimia yang dikeluarkan tubuh kita yaitu endorphin leucine-enkaphalin dan prolactin akan berkurang. Berlaku sebaliknya, jika kita menahan tangis maka tingkat stres yang dialami akan naik dan bisa berdampak pada kesehatan seperti masalah jantung, dan tekanan darah tinggi.

Sumber : http://www.waspada.co.id