Minggu, 30 Mei 2010

Sekilas bahasa pemrograman

Sekilas bahasa pemrograman

Kita dapat mengartikan bahasa pemrograman itu sebagai teknik komunikasi yang standar untuk mengekspresikan intruksi terhadap suatu komputer. Selain itu bahasa pemrograman juga memiliki tata tulis dan aturan tertentu.
Bahasa pemrograman juga memfasilitasi seorang programmer untuk secara spesifik apa yang akan dilakukan oleh komputer selanjutnya, bagaimana data yang telah dibuat disimpan atau dikirim, dan apa yang akan dilakukan bila terjadi kondisi yang variatif.
Bahasa pemrograman dapat kita klasifikasikan menjadi tiga tingkatan yaitu
1. Bahasa pemrograman tingkat tinggi
2. Bahasa pemrograman tingkat menengah
3. Bahasa pemrograman tingkat rendah

Berikut akan dijelaskan lebih rinci ;

a. Bahasa pemrograman tingkat tinggi

Bahasa pemrograman tingkat tinggi dapat kita artikan sebagai bahasa tingkat tinggi yang ciri-ciri mudah dimengerti karena bahasa yang digunakan mirip terhadap bahasa sehari-hari. Compiler digunakan sebagai penerjemah terhadap suatu pernyataan program kepada sebuah atau beberapa mesin.
Yang termasuk dalam bahasa pemrograman tingkat tinggi ini misalnya adalah java dan C++

b. Bahasa pemrograman tingkat menengah

Bahasa pemrograman tingkat menengah telah menggunakan instruksi yang telah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun masih cukup sulit untuk kita mengerti karena masih menggunakan singkatan-singkatan seperti MOV yang artinya pindah (MOVE) dan STO yang berarti simpan (STORE)
Yang termasuk dalam bahasa pemrograman tingkat menengah ini adalah fotran.



c. Bahasa pemrograman tingkat rendah
Bahasa pemrograman tingkat rendah ini merupakan bahasa pemrograman generasi pertama . ciri-ciri bahasa pemrograman yang satu ini adalah masih menggunakan bahasa mesin, karena instruksinya masih menggunakan bahasa mesin maka sangat sulit dimengerti. Selain itu disebut juga dengan bahasa assembly yang merupakan bahasa dengan pemetaan satu-persatu terhadap instruksi komputer.
Setiap instruksi assembly diterjemahkan dengan menggunakan assembler.

0 komentar:

Posting Komentar