Minggu, 09 Oktober 2011

Telematika

1.Teori Telematika

Dibawah ini ada beberapa pengertian telematika, antara lain :
•Kata telematika berasal dari suatu istilah dalam bahasa Perancis yaitu TELEMATIQUE yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Istilah telematika merujuk pada hakekat cyberspace sebagai suatu sistem elektronik yang muncul dari perkembangan dan konvergensi telekomunikasi, media dan informatika. Istilah tersebut pertama kali digunakan oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam buku yang berjudul L’informatisation de la Societe pada tahun 1978.

•Sedangkan Para praktisi mengatakan bahwa TELEMATICS merupakan gabungan dari dua kata yaitu dari kata “TELECOMMUNICATION and INFORMATICS” yang merupakan perpaduan konsep Computing and Communication. Selain itu istilah telematika juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” karena lahir dari perkembangan teknologi digital.

•Menurut pak Moedjiono makna TELEMATIKA merupakan konvergensi dari
Tele yang artinya ”Telekomunikasi”, ma artinya ”Multimedia” dan tika artinya ”Informatika” .

Ketiga pengertian telematika diatas merupakan pengertian telematika menurut para ahli sehingga dapat disimpulkan bahwa kata telematika berasal dari bahasa perancis yaitu telematique yang berarti teknologi informasi komunikasi.

2. Conton Telematika
Salah satu contoh telematika yaitu E-learning.

Globalisasi telah menghasilkan pergeseran dalam dunia pendidikan, dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Di Indonesia sudah berkembang pendidikan terbuka dengan modus belajar jarah jauh (distance lesrning) dengan media internet berbasis web atau situs. Kenyataan tersebut dapat dimungkinkan dengan adanya teknologi telematika, yang dapat menghubungkan mahasiswa dengan dosennya. Melihat hasil perolehan belajar berupa nilai secara online, mengecek jadwal kuliah, mengecek jadwal ujian, dan mengirim naskah tugas dapat dilakukan. Peranan web kampus atau sekolah termasuk cukup sentral dalam kegiatan pembelajaran ini. Selain itu, web bernuansa pendidikan non-institusi, perpustakaan online, dan interaksi dalam group, juga sangatlah mendukung. Selain murid atau mahasiswa, portal e-learning dapat diakses oleh siapapun yang memerlukan tanpa pandang faktor jenis usia, maupun pengalaman pendidikan sebelumnya.

3.Perkembangan Telematika
Perkembangan telematika pada saat ini sudah semakin berkembang tanpa kita sadari telepon seluler atau handphone yang selalu kita bawa kemanapun kita pergi dan selalu digunakan setiap hari merupakan salah satu teknologi dari telematika. Dengan telepon seluler saja kita sudah bisa internetan hanya saja ada pihak-pihak tertentu yang salah menggunakan teknologi tersebut.


Sumber : http://cocom90.wordpress.com/2010/10/17/pengertian-telematika/ dan http://iyozdamnation.wordpress.com/2010/10/17/contoh-penerapan-telematika/

0 komentar:

Posting Komentar