Minggu, 04 April 2010

Metode Numerik

Metode numeric teknik yang digunakan untuk memformuisasikan persoalan matematik sehingga dapat dipecahkan dengan operasi hitungan .
Solusi angka yang didapatkan dari metode numeric adalah solusi kita inginkan.karena tidak tepat sama dengan solusi sebenarnya, ada selisih diantara keduanya yang kemudian disebut dengan
Metode numeric dapat menyelesaikan persoalan di dunia nyata yang sering kali non linier, dalam bentuk dan proses yang sulit diselesaikan dengan metode analitik. Tidak semua permasalahan matematis dapat diselesaikan dengan mudah karena dibutuhkan metode yang menggunakan analisis-analisis pendekatan persoalan-persoalan non linier untuk menghasilakan nilai yang terbaik atau nilai yang diharapkan.
Kesulitan menggunakan metode analitik untuk mencari solusi exact dengan jumlah data yang besar, diperlukan perhitungan komputer, metode numeric menjadi penting untuk menyelesaikan permasalahan ini.
Metode numeric yang memang berangkat dari pemakaian alat bantu hitung merupakan alternative yang baik dalam menyelesaikan persoalan – persoalan perhitungan yang rumit
Bila persoalan sudah sangat sulit atau tidak mungkin diselesaikan secara matematis karena tidak ada theorem analisa matematik yang dapat digunakan maka digunakanlah metode numeric.
Prinsip-prinsip metode numeric, yaitu ;
Metode numeric kini disajikan dalam bentuk algoritma-algoritma yang dapat dihitung secara cepat dan mudah.
Pendekatan yang digunakan dalam metode numeric merupakan pendekatan analisis matematis, dengan tambahan grafis dan teknik perhitungan yang mudah.
Algoritma pada metode numeric algoritma pendekatan maka dalam algoritma tersebebut akan muncul istilah iterasi yaitu pengulangan proses perhitungan.

0 komentar:

Posting Komentar