Minggu, 22 November 2009

Array ( larik )

ARRAY ( LARIK )
Array merupakan bagian dasar yang sering disebut blok, guna keperluan pembentukan suatu struktur data lain yang lebih kompleks. Array dapat didefenisikan sebagai suatu himpunan hingga elemen , terurut dan homogen.
Terurut maksudnya elemen tersebut dapat diidentifikasi sebagai elemen pertama, elemen kedua, elemen ketiga, dan seterusnya sampai elemen ke-n sedangkan elemen yang homogen maksudnya adalah bahwa setiap elemen dari sebuah array tertentu haruslah mempunyai tipe data yang sama.
Suatu array dapat mempunyai elemen semuanya berupa integer atau dapat juga seluruhnya berupa untai aksara ( string ) bahkan dapat pula terjadi bahwa suatu array mempunyai elemen berupa array pula.
Dalam matematika array juga sering dikenal sebagai matriks atau kadang-kadang juga disebut sebagai tabel. bentuk yang paling sederhana dari array adalah vector dimana vector merupakan array berdemensi satu ( one dimensional array )
Array terdiri dari dua dimensi yaitu :
1. Array berdimensi satu
2. Array berdimensi banyak

 Array dimensi satu
Sebuah array dimensi satu yang misalnya kita beri nama nilai , dapat kita bayangkan berbentuk seperti gambar dibawah ini
Nilai ( 1 ) Nilai ( 2 ) Nilai ( 3 ) - - - Nilai ( n )
Subscript atau indeks dari elemen array menyatakan posisi, elemen pada urutan dalam array tersebut.
Notasi yang digunakan bagi elemen array biasanya adalah nama array dilengkapi dengan subscript. Harga minimum dari subscript dari array disebut batas bawah ( lower bound ), sedangkan harga maksimumnya disebut dengan batas atas ( upper bound ).
 Array dimensi banyak
Array dimensi banyak ( multi dimensional array ) didefenisikan sebagai sebuah array yang elemennya berupa array juga. Untuk itu diperlukan dua buah subscript, ddimana subscript yang pertama digunakan untuk menyatakan posisi baris sedangkan subscript yang kedua digunakan untuk posisi kolom.
Seperti halnya pada array berdimensi satu, pada array berdimensi dua batas bawah untuk subscript I maupun J dapat diambil secara umum.
Yang dimaksud dengan cross section suatun array berdimensi dua adalah pengambilan salah satu subscript, misalnya subscript baris untuk tetap( konstan ), sedangkan subscriptnya yang satu lagi kita ubah-ubah sepanjang rangenya, dimana notasi yang umum digunakan adalah notasi * ( asterisk ) bagi subscript yang berubah-ubah nilaianya tersebut.
Transpose dari suatu array dimensi dua adalah penulisan baris menjadi kolom ataun kolom menjadi baris dari suatu array.
Contoh :
Transpose dari array berorder A x V adalah array berorder V x A
Semoga materi diatas bermanfaat bagi kita semua, .

1 komentar:

tirta suryana mengatakan...

thx banget infonya

Posting Komentar